• Selamatkan Generasi Muda Kita, Berantas Narkoba
  • Pemerintah Daerah Propinsi Bengkulu Siap Mensukseskan HPN 2014 di Bengkulu
  • Aksi Bersama Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Tanpa Narkoba

Pendaftaran Tes CPNS Pemda Tertunda

Pendaftaran Tes CPNS Pemda Tertunda BENGKULU – Pendaftaran tes CPNS 2013 sudah dimulai. Hingga tadi malam, sudah ada lima instansi pusat yang telah resmi mengumumkan tes CPNS tahun anggaran 2013. Lima instansi itu adalah Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sedangkan pendaftaran tes CPNS di lingkungan Pemda Provinsi dan kabupaten yang seyogyanya telah dilaksanakan sejak Senin (2/9), terpaksa tertunda. Namun para pencari kerja (pencaker) mesti besabar, pendaftaran belum dapat dimulai sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kementerian Aparatur Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).


Selanjutnya...

MENRISTEK BERI PENGHARGAAN PADA GUBERNUR

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mendapatkan penghargaan sebagai pelopor penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Republik Indonesia. Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Ristek RI, Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta itu berlangsung kemarin (Kamis, 29/8) di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.  


Selanjutnya...

Ramah Tamah Gubernur di KRI Yos Sudarso

Gubernur Bengkulu H.Junaidi Hamsyah, S,Ag, M.Pd bersama Wagub Sultan B Najamudin dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Selasa (27/8) menggelar ramah tamah beserta unsur maritim di KRI Yos Sudarso. Rombongan diterima langsung Komodor KRI Yos Sudarso, Letkol Laut (P) Didong Rio Duta,ST, M.Ap.


Selanjutnya...

Penerimaan CPNS 2013

Seleksi CPNS Pelamar Umum: Pendaftaran 1-28 September, Tes Kemampuan Dasar 3 November. (Kamis, 22 Agustus 2013)  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013, mengirimkan jadwal pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Tenaga Honorer Kategori II dan Pelamar Umum.


Selanjutnya...

Gubernur: Pembangunan Jalan Sesuai Usulan Kab...

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengimbau agar bupati dan walikota segera menyerahkan usulan pembangunan jalan provinsi yang terdapat di kabupaten/kota. Pasalnya untuk tahun 2014 jalan provinsi yang akan dibangun berdasarkan usulan kabupaten/kota.


Selanjutnya...
01234

Pemerintahan

  • PDF

 

Provinsi Bengkulu berdiri tanggal 18 November 1968, yaitu dengan diterbitkan Undang-Undang RI No. 9 Tahun 1967 tentang Pembentukan Provinsi Bengkulu Tanggal 12 September 1967, kemudian dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1968 Tanggal 5 Juli 1968 tentang berlakunya Undang-Undang No. 9 Tahun 1967 dan Pelaksanaan Pemerintahan di Provinsi Bengkulu, sebagai provinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur saat itu).

Perubahan penyelenggaraan pemerintahan dari sistem sentralistis menjadi desentralistis melalui otonomi daerah   memberikan dampak positif bagi daerah. Pemerintah daerah diberi peluang atau kesempatan untuk menyelenggarakan pemerintahan secara lebih mandiri. Salah satu dampak positif dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terjadinya pemekaran daerah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Seiring dengan itu di Provinsi Bengkulu juga mengalami pemekaran kabupaten. Tujuannya adalah agar pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan. Sampai  tahun 2011 Provinsi Bengkulu terdiri dari 9 (sembilan) kabupaten dan 1 (satu) kota. Sementara kecamatan berjumlah 124 dan desa/kelurahan berjumlah 1.508.

Pada pemilihan umum tahun 2009, anggota legislatif yang terpilih berjumlah 45 orang yang berasal dari 15 partai politik. Partai Golkar merupakan partai terbesar dengan 9 anggota yang menduduki kursi legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu disusul kemudian Partai Demokrat dengan 8 kursi. Komposisi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu hasil Pemilu  2009, didominasi laki–laki   sebanyak    37 orang dan    perempuan hanya 8 orang. Bila dilihattingkat pendidikannya, anggota DPRD Provinsi Bengkulumayoritas berpendidikan sarjana, yaitu berpendidikan S1 sebanyak  64,4 persen,  berpendidikan S2 sebanyak 28,9  persen, dan  sisanya sebanyak 6,7 persen berpendidikan SLTA/D3.

Secara umum, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu dikelompokkan dalam tiga kelompok, yaitu Sekretariat Daerah, Dinas? dinas dan Badan/Inspektorat /Kantor/Unit Organisasi.    Pada tahun 2012,    jumlah PNS di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu sejumlah 7.125 orang yang terdiri dari 4.110 pegawai laki? laki dan 3.015 pegawai perempuan. Bila dilihat dari golongan kepangkatannya,  sebagian besar PNS  berada pada golongan III. Persentase PNS golongan IV, III, II dan I masing?masing adalah 0,05 persen, 73,48 persen, 24,69 persen dan 1,05 persen. Berdasarkan tingkat pendidikan yang ditamatkan, sebagian besar PNS di Pemda Provinsi Bengkulu berpendidikan SLTA dan S1 dengan proporsi masing?masing 34,05 persen dan 61,49 persen. Sementara yang berpendidikan SLTP  ke bawah  hanya sekitar 4,46 persen.

 

Tabel 2.1  Ibukota Kabupaten/Kota, Jumlah Kecamatan dan  Desa/Kelurahan di Bengkulu, 2011


Kabupaten/Kota       Nama Ibu Kota   Kecamatan     Desa/Kelurahan


(1)                                     (2)                  (3)                        (4)


Bengkulu Selatan           Manna                11                        160

Rejang Lebong              Curup                 15                        156

Bengkulu Utara             Arga Makmur      14                        224

Kaur                              Bintuhan             15                        195

Seluma                          Tais                     14                        199

Mukomuko                     Mukomuko          15                        152

Lebong                          Muara Aman       13                        111

Kepahiang                     Kepahiang           8                         110

Bengkulu Tengah          Karang Tinggi     10                        134

Bengkulu                       Bengkulu             9                           67

Provinsi                         Bengkulu           124                      1 508


Sumber :  BPS Provinsi Bengkulu

 

 

 

Alamat

Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu
Jl. Pembangunan No.1 Kota Bengkulu Tel. 0736 - 21450 Fax 0736 - 27795

Last Updated on Thursday, 21 March 2013 12:32