• Selamatkan Generasi Muda Kita, Berantas Narkoba
  • Pemerintah Daerah Propinsi Bengkulu Siap Mensukseskan HPN 2014 di Bengkulu
  • Aksi Bersama Mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Tanpa Narkoba

Pendaftaran Tes CPNS Pemda Tertunda

Pendaftaran Tes CPNS Pemda Tertunda BENGKULU – Pendaftaran tes CPNS 2013 sudah dimulai. Hingga tadi malam, sudah ada lima instansi pusat yang telah resmi mengumumkan tes CPNS tahun anggaran 2013. Lima instansi itu adalah Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sedangkan pendaftaran tes CPNS di lingkungan Pemda Provinsi dan kabupaten yang seyogyanya telah dilaksanakan sejak Senin (2/9), terpaksa tertunda. Namun para pencari kerja (pencaker) mesti besabar, pendaftaran belum dapat dimulai sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kementerian Aparatur Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).


Selanjutnya...

MENRISTEK BERI PENGHARGAAN PADA GUBERNUR

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mendapatkan penghargaan sebagai pelopor penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Republik Indonesia. Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Ristek RI, Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta itu berlangsung kemarin (Kamis, 29/8) di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.  


Selanjutnya...

Ramah Tamah Gubernur di KRI Yos Sudarso

Gubernur Bengkulu H.Junaidi Hamsyah, S,Ag, M.Pd bersama Wagub Sultan B Najamudin dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Selasa (27/8) menggelar ramah tamah beserta unsur maritim di KRI Yos Sudarso. Rombongan diterima langsung Komodor KRI Yos Sudarso, Letkol Laut (P) Didong Rio Duta,ST, M.Ap.


Selanjutnya...

Penerimaan CPNS 2013

Seleksi CPNS Pelamar Umum: Pendaftaran 1-28 September, Tes Kemampuan Dasar 3 November. (Kamis, 22 Agustus 2013)  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tertanggal 21 Agustus 2013, mengirimkan jadwal pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Tenaga Honorer Kategori II dan Pelamar Umum.


Selanjutnya...

Gubernur: Pembangunan Jalan Sesuai Usulan Kab...

Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengimbau agar bupati dan walikota segera menyerahkan usulan pembangunan jalan provinsi yang terdapat di kabupaten/kota. Pasalnya untuk tahun 2014 jalan provinsi yang akan dibangun berdasarkan usulan kabupaten/kota.


Selanjutnya...
01234

Sejarah Bengkulu

  • PDF

Islam masuk ke Bengkulu pada abad XV (dari jawa). Perang Bengkulu-Aceh terjadi dua kali pada abad XVI dan XVII. Kesultanan-kesultanan di Bengkulu ketika itu: Selebar, Sungai Limau, dan Anak Sungai. Armada Aceh membuka serangan ke Selebar. Kapal induk Aceh menunggu di laut bersama induk pasukan, sedangkan kapal-kapal yang lebih kecil memasuki Sungai Serut. Pihak Selebar mampu menahan serangan itu karena menutup Sungai Serut dengan rintangan sehingga kapal induk Aceh tidak mampu memberi bantuan pada pasukannya yang lebih dahulu masuk. Zaman prasejarah Bengkulu sudah dihuni manusia. Para pendatang dari Asia berbaur dengan manusia purba sekitar 4000 – 2000 SM. Sebagian masuk ke pedalaman, sementara yang lain menghuni daerah pantai. Ini merupakan cikal bakal suku bangsa Neo-Malayan. Bagian suku bangsa itu antara lain : suku Rejang (Rejang Lebong dan Bengkulu Selatan), Serawai / Pasemah (Bengkulu Selatan), Kaur (Bintuhan), Lembak di Kota Bengkulu dan sekitar Kepala Curup). Bengkulu (Kota Bengkulu) dan suku Katahun (Muko-muko).

Tonggak sejarah Bengkulu

1664 – VOC mendirikan perwakilan di Bengkulu, namun enam tahun kemudian Belanda menutup sementara kantornya dan dibuka kembali tahun 1824.

24 Juni 1685  Inggris masuk ke Bengkulu, namun mereka mendarat di Pulau Tikus (i 1 km dari kota pusat kota Bengkulu) dan disambut oleh agen niaganya. Mereka tidak masuk ke pelabuhan  Selebar (daerah Pulau Baai) karena kapal Sultan Banten dan kapal Belanda sedang bersandar di sana.

16 Agustus 1695  Perjanjian Inggris – Bengkulu ditandatangani. Isinya monopoli lada, izin membangun loji, dan mengadili penduduk yang berbuat salah. Inggris terus memperluas wilayahnya sampai ke Muko-muko.

1692  Inggris mendirikan pos di Triamang, Lais, Ketahun, Ipuh, Bantal, Seblat (1700), selanjutnya Pada tahun 1701 mereka memperluas daerah ke arah Seluma, Manna, Kaur, dan Krui. 1718 Inggris membangun benteng Marlborough, sebelumnya sudah didirikan benteng York. Rakyat Bengkulu merupakan ancaman bagi Inggris. Di Bantal, Muko-muko, pemberontakan rakyat dipimpin Sultan Mansyur dan Sultan Sulaiman. Itu sebabnya Inggris merasa perlu membangun benteng tersebut. Pemberontakan itu (1719) membuat Inggris kawatir dan akhirnya meninggalkan Bengkulu. 1724  Inggris kembali lagi. Dengan perjanjian yang lebih lunak yang di tanda tangani pada 17 April 1724

15 Desember 1793 Captain Hamilton, pimpinan Angkatan Laut Inggris dibunuh rakyat Bengkulu. Dan pada 1807 rakyat Bengkulu kembali membunuh Residen Thomas Parr.

17 Maret 1824 Traktaat London (Perjanjian London) yang berisikan pertukaran daerah koloni antara Inggris dan Belanda. Tercantum, Bengkulu diserahkan kepada Belanda oleh Inggris dan Belanda menyerahkan Singapura kepada Inggris..23 Februari 1942 Jepang masuk kota Curup dan terus ke kota Bengkulu.

Last Updated on Saturday, 31 August 2013 09:16